Sabtu, 13 Januari 2018

Faktor - Faktor Yang Menjadi Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Flora Di Dunia





Faktor - Faktor Yang Menjadi Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Flora Di Dunia




Faktor - Faktor Yang Menjadi Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Flora Di Dunia





faktor - faktor penyebab terjadinya keanekaragaman flora di dunia



Vonny Flora - Keanekaragaman flora di satu lokasi tidak lepas dari support keadaan di lokasi itu. Ada tumbuhan yang cuma mampu tumbuh di daerah yang beriklim tropis, di mana banyak curah hujan serta cahaya matahari, serta ada yang cuma mampu tumbuh di daerah yang dingin serta lembab. Kita pasti tidak sempat lihat pohon Meranti atau Anggrek tropik pada daerah dingin di daerah tundra. Dukungan keadaan satu lokasi pada kehadiran flora berbentuk elemen-faktor fisik (abiotik) serta elemen non fisik (biotik) . Yang termasuk juga elemen fisik (abiotik) yaitu iklim (suhu, kelembapan udara, angin) , air, tanah, serta ketinggian, serta yang termasuk juga elemen non fisik (biotik) yaitu manusia, hewan, serta tumbuh-tumbuhan.


Iklim



Elemen iklim termasuk juga di dalamnya kondisi suhu, kelembapan udara serta angin begitu besar pengaruhnya pada kehidupan tiap-tiap mahluk didunia. Elemen suhu udara punya pengaruh pada berlangsungnya sistem perkembangan fisik tumbuhan. Sinar matahari begitu dibutuhkan untuk tumbuhan hijau untuk sistem fotosintesa. Kelembapan udara punya pengaruh juga pada perkembangan fisik tumbuhan. Sedangkan angin bermanfaat untuk sistem penyerbukan. Elemen iklim yang tidak sama disuatu lokasi membawa dampak tipe tumbuhan ataupun hewannya juga berlainan. . Tanaman di daerah tropis, banyak macamnya, subur serta senantiasa hijau selama th. karna bermodalkan curah hujan yang tinggi serta cukup cahaya matahari.


Tanah



Tanah banyak terkandung unsur-unsur kimia yang dibutuhkan untuk perkembangan flora didunia. Persentase kimiawi punya pengaruh pada tingkat kesuburan tanah. Kondisi susunan tanah punya pengaruh pada aliran udara didalam tanah makanya sangat mungkin akar tanaman mampu bernafas dengan baik. Kondisi struktur tanah punya pengaruh pada daya serap tanah pada air. Suhu tanah punya pengaruh pada perkembangan akar dan keadaan air didalam tanah.

Komposisi tanah biasanya terdiri dalam bahan mineral anorganik (70%-90%) , bahan organik (1%-15%) , udara serta air (0-9%) . Beberapa hal diatas tunjukkan begitu terutamanya elemen tanah untuk perkembangan tanaman. Ketidaksamaan tipe tanah membawa dampak ketidaksamaan tipe serta keanekaragaman tumbuhan yang bisa hidup di satu lokasi. Misalnya di Nusa Tenggara tipe hutannya yaitu Sabana karna tanahnya yang kurang subur.


Air



Air punya peran yang terutama untuk perkembangan tumbuhan karna mampu melarutkan serta membawa makanan yang dibutuhkan untuk tumbuhan dari dalam tanah. Adanya air bergantung dari curah hujan serta curah hujan begitu bergantung dari iklim di daerah yang berkaitan. Tipe flora di satu lokasi begitu punya pengaruh pada jumlah curah hujan di lokasi itu. Flora di daerah yang kurang curah hujannya keanekaragaman tumbuhannya kurang dibanding dengan flora di daerah yang banyak curah hujannya.


Tinggi rendahnya permukaan bumi



Elemen ketinggian permukaan bumi biasanya diliat dari ketinggiannya dari permukaan laut (elevasi) . Misalnya ketinggian tempat 1500 m bermakna tempat itu ada pada 1500 m diatas permukaan laut. Semakin tinggi satu daerah jadi tambah dingin suhu di daerah itu. Demikian pula demikian sebaliknya apabila lebih rendah bermakna suhu udara di daerah itu lebih panas. Tiap-tiap naik 100 mtr. suhu udara rata-rata turun sekitaran 0, 5 derajat Celcius. Jadi jadi tambah rendah satu daerah jadi tambah panas daerah itu, serta demikian sebaliknya jadi tambah tinggi satu daerah jadi tambah dingin daerah itu. Oleh karenanya ketinggian permukaan bumi besar pengaruhnya pada tipe serta persebaran tumbuhan. Daerah yang suhu udaranya lembab, basah di daerah tropis, tanamannya lebih subur daripada daerah yang suhunya panas serta kering.


Manusia, hewan serta tumbuh-tumbuhan



Manusia dapat membuat perubahan lingkungan untuk penuhi keperluan spesifik. Misalnya daerah rimba dirubah jadi daerah pertanian, perkebunan atau perumahan dengan laksanakan penebangan, reboisasi, . atau pemupukan. Manusia mampu menebarkan tumbuhan dari satu tempat ke tempat yang lain. Diluar itu manusia juga dapat memengaruhi kehidupan fauna di satu tempat dengan laksanakan perlindungan atau perburuan binatang. Hal semacam ini memberikan kalau elemen manusia punya pengaruh pada kehidupan flora serta fauna didunia ini. Diluar itu elemen hewan juga miliki peran pada penebaran tumbuhan flora.

Misalnya serangga dalam sistem penyerbukan, kelelawar, burung, tupai menopang dalam penebaran biji tumbuhan. Peran elemen tumbuh-tumbuhan yaitu untuk menyuburkan tanah. Tanah yang subur sangat mungkin berlangsung perubahan kehidupan tumbuh-tumbuhan dan memengaruhi kehidupan faunanya. Misalnya bakteri saprophit adalah tipe tumbuhan mikro yang menopang penghancuran sampah-sampah di tanah makanya mampu menyuburkkan tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar